Skip links

Cara beli tiket kereta api online lewat HP / Smartphone

Semakin berkembangnya zaman, manusia semakin dimanjakan oleh kecanggihan teknologi. Salah satunya adalah teknologi kecanggihan ponsel pintar yang kini beralih fungsi, tidak hanya sebagai komunikasi melainkan juga dapat memesan berbagai macam benda yang kita butuhkan. Mulai dari fashion, makanan, bahkan hingga tiket kereta api dan pesawat terbang pun dapat diakses melalui media online.

Cukup dengan aktifkan paket data saja, anda sudah dapat memesan tiket kereta api perjalanan keluar kota hanya dengan satu kali klik icon yang terdapat pada fitur aplikasi KAI Access di ponsel. Hal ini sangat mudah dan ringkas karena dapat menghemat waktu jika biasanya untuk mendapatkan tiket kereta api mengharuskan kita untuk antri berjam-jam di depan loket. Meskipun demikian, bagi orang awam yang belum terbiasa menggunakan aplikasi pemesanan tiket kereta api melalui hp, hal ini cukup menyulitkan. Nah! untuk memudahkan kamu dalam mendapatkan tiket melalui hp, di bawah ini adalah penjabaran tahap demi tahap cara beli tiket kereta api online lewat hp yang bisa kamu lakukan.

1) Menginstall KAI Access

aplikasi kai di google play store

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum memesan tiket kereta api online, tentu saja kamu harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi bernama KAI Access, dimana kamu bisa mengunduhnya melalui Aplikasi Google Play Store yang terdapat di dalam ponsel pintarmu.

2) Pilih Menu Intercity

Langkah kedua setelah mengunduh aplikasi, setelah kamu masuk ke dalam akun aplikasi KAI Access, pilihlah menu intercity / antar kota yang terdapat pada halaman utama.

You may also like:  Cara isi Saldo LinkAja melalui ATM atau Internet Banking

tampilan aplikasi kai access

3) Memilih Stasiun

Langkah ketiga, setelah kamu memilih menu intercity yang terletak di halaman utama, kamu akan ditunjukan sebuah katalog untuk mengisi stasiun asal dan stasiun tujuan. Misal, rute Stasiun Jember – Stasiun Probolinggo.

4) Memilih Jadwal

Salah satu keuntungan membeli tiket kereta api srcara online adalah yang satu ini, kamu dapat memilih jadwal keberangkatan sesuai keinginan dan sesuai jadwal kereta itu pula. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memasukan jumlah penumpang yang akan dibelikan tiket. Anak kecil berusia tiga tahun pun dikenai biaya tiket naik kereta api.

5) Klik Cari Tiket

Setelah kamu melakukan langkah pada poin keempat, langkah berikutnya adalah klik satu kali pada tombol botton Cari Tiket yang terdapat pada katalog tersebut.

6) Memilih Kereta

halaman pilih jadwal kereta kai access

Setelah mengklik tombol Cari Kereta, layar ponselmu akan menampilkan katalog tampilan kereta lokal yang harus dipilih sesuai keinginan jadwal berangkatmu. Kereta lokal ini hanya dapat dipilih dalam jeda waktu 3 jam setelah kereta sebelumnya melakukan pemberangkatan.

7) Login akun KAI Access

Setelah kami memilih kereta dan jam keberangkatan, kamu akan dihadapkan pada halaman Login. Masukkan email atau nomor hp dan kata sandi yang sudah terdaftar.

Jika belum terdaftar, kamu bisa langsung mendaftar di halaman ini dengan cara menekan tulisan DAFTAR. Untuk cara pendaftaran akun KAI ACCESS akan kami tuliskan di paling bawah artikel ini (Klik disini)

You may also like:  Hup Beta / By u Layanan Seluler Baru Dari Telkomsel

login kai access

8) Lengkapi Data Penumpang

Setelah berhasil login, langkah selanjutnya adalah melengkapi data penumpang. Kamu bisa memasukkan data penumpang lain jika kamu membeli tiket lebih dari 1 di halaman ini.

detail penumpang kai access

Pastikan data penumpang yang kamu tuliskan sudah benar dan sesuai dengan KTP atau kartu identitas yang di daftarkan. Karena nanti di stasiun kereta api, penumpang wajib menunjukkan kartu identitas / tanda pengenal yang sah dan harus sesuai dengan nama di tiket kereta api.

konfirmasi pesanan

9) Pilih Kursi

Salah satu keunggulan memesan tiket kereta api secara online adalah kamu bisa langsung memilih kursi favoritmu. pemilihan kursi ini gratis tidak dikenakan biaya tambahan sama sekali.

pilih kursi kai access

Kursi yang masih tersedia berwarna abu-abu dan yang sudah terisi berwarna coklat gelap. Jika sudah selesai memilih kursi, tekan tombol Simpan untuk melanjutkan pemesanan.

8) Melakukan Konfirmasi Pesanan

Tahap selanjutnya adalah kamu perlu mengkonfirmasikan pesanan tiket dan pastikan pesanan jadwal tiketmu sesuai dengan jadwal keberangkatan kereta.

rincian pemesanan tiket kereta api

9) Melakukan penyetujuan

Setelah mengkobfirmasikan pesanan, akan muncul katalog verisi syarat dan ketentuan pembelian tiket online yang harus kamu setujui. Caranya hanya dengan mengklik kotak setuju sehingga muncul centang yang terdapat pada halaman tersebut.

10) Melakukan Pembayaran

Setelah menyetujui pesanan, akan muncul halaman pembayaran yang menampilkan harga tiket sesuai dengan pesanan keretamu. Untuk menyelesaikan tahap pembayaran ini, kamu perlu memilih tipe pembayaran yang tersedia dalam pilihan. Setelah kamu melakukan pembayaran, akan muncul kata Sukses! Dan itu artinya, tiket kereta api online sudah bisa kamu gunakan.

You may also like:  Cara Reset Password zadmin pada Zpanel / Sentora

halaman pembayaran tiket kereta apiCara mendaftar akun KAI ACCESS

Untuk mendaftar akun KAI Access caranya cukup mudah dan hanya memakan waktu beberapa menit saja, yang penting siapkan emailmu yang masih aktif untuk melakukan konfirmasi email nantinya.

Di halaman LOGIN terdapat tombol DAFTAR, tekan tombol DAFTAR ini dan isi formulir pendaftaran akun dengan lengkap mulai dari Nama Lengkap, Nomor Identitas, Email yang masih aktif, nomor HP, dan tanggal lahir.

pendaftaran akun kereta api online detail pendaftaran akun kereta api online

Tekan tombol daftar, kemudian aplikasi KAI akan mengirimkan email untuk dikonfirmasi ke alamat email yang kamu daftarkan tadi. Buka emailmu dan cek email dari KAI.

email konfirmasi pendaftaran akun kereta api online

klik pada link verifikasi yang terdapat pada bagian tengah email. Jika berhasil maka akan tampil halaman verifikasi sukses dan kamu bisa melanjutkan login ke aplikasi KAI ACCESS.

verifikasi email berhasil

Setelah berhasil terdaftar, kembali ke halaman Login dengan memasukkan detail email atau nomor HP yang sudah kami daftarkan tadi dan lanjutkan proses pemesanan tiket kereta api.

Dimana saja bisa membayar tiket kereta api online?

Untuk melakukan pembayaran tiket kereta api online dapat dilakukan melalui banyak jalur yang sudah disediakan di dalam aplikasi KAI ACCESS, diantaranya :

  • Kantor Pos
  • Alfamart
  • Indomaret
  • Alfamidi
  • LinkAja
  • Bank BNI
  • Bank BRI
  • Bank Mandiri
  • Bank BTN
  • Bank BCA

Bagaimana? Mudah, bukan memesan tiket kereta api melalui hp? So, setelah mengetahui langkah-langkahnya setelah ini kamu mau melakukan perjalanan kemana nih!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
This website uses cookies to improve your web experience.
Home
Account
Cart
Search
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Explore
Drag