Menikmati Pasir Putih, Sunset, dan Snorkeling di Pulau Condong Sulah Lampung

0
11

Menikmati Pasir Putih, Sunset, dan Snorkeling di Pulau Condong Sulah Lampung – Mau wisata eksotik sekaligus uji nyali? Pulau Condong Sulah Lampung jawabannya. Salah satu sisi pantainya menyuguhkan keindahan terumbu karang yang bisa dilihat dari atas air. Bahkan tanpa menyelam. Bagaimana dan apa saja yang bisa anda jumpai? Simak terus ulasannya berikut ini.

Jika Anda berwisata ke Pantai Pasir Putih di Lampung Selatan, maka tak jauh dari pantai tersebut, di tengah laut terdapat pulau yang telah terkenal sebagai wisata yang menarik, yakni Pulau Condong Laut. Pulau kecil ini mempunyai 4 sisi yang menyajikan pengalaman wisata berbeda-beda. Selain indah, pulau ini juga menyimpan misteri yang sering jadi pembicaraan di berbagai komunitas traveler. Selain memang terpencil, segala fasilitas yang minim tentu akan menambah kesan angker dari pulau ini..

Lokasi Pulau Condong memang tak terlalu jauh dari Pantai Pasir Putih. Di pantai ini pula menjadi transit para wisatawan yang ingn menyeberang ke Pulau. Oh ya, selain menyandang nama Pulau Condong, pulau ini juga disebut sebagai Monkey Island/pulau Monyet, juga Pulau Hantu.

Untuk perhatian, di kawasan laut Pantai Pasir Putih ini ada 3 pulau yang bernama Condong. Yaitu Pulau Condong Sulah, Pulau Condong Darat, dan Pulau Condong Laut. Diantara ketiganya, yang dijadikan destinasi oleh para traveler adalah Pulau Condong Sulah. Dan mereka lebih sering menyebutnya dengan Pulau Condong saja. Namun di Google Maps, justru disebut dengan Pulau Sulah.

Secara administratif, pulau ini masuk dalam wilayah Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan. Dari manapun arah keberangkatan Anda, maka Pantai Pasir Putih adalah tujuan utama pertama. Baik Anda yang dari Bandar Lampung maupun wisatan dari Pulau Jawa yang melalui Bakauheni.

Jika Anda dari Bakauheni maka jarak ke Pasir Putih adalah 70 Km. Sedangkan dari Bandar Lampung lokasi pantai pasir putih hanya sekitar 22 Km. Sedangkan jarak pasir putih ke Pulau Condong adalah 2 Km. Pulau kecil berbentuk seperti mangkuk tengkurap ini biasa dicapai para traveler dengan menggunakan perahu motor. Waktu tempuhnya antara 15 – 25 menit.

Untuk biaya atau tarif, Anda perlu membayar sewa perahu antara Rp.250 ribu – Rp.300.000 atau sesuai tawar menawarnya. Sementara jika ingin menginap di Pulau Condong ada satu penginapan saja, itu pun kurang layak huni dengan tarif lumayan mahal. Sebagian pengunjung mengatakan tarifnya Rp.200 ribu permalam. Selain tempat tidur yang kurang nyaman, jika hujan pun bocor. Jadi, disarankan agar Anda membawa perlengkapan camping agar lebih nyaman.

Menikmati Keindahan dan Keangkeran Pulau Condong Sulah

Pulau kecil ini menyajikan keindahan yang lengkap di empat sisi pulaunya. Di bagian selatan, Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan pasirnya yang putih dan menikmati keindahan terumbu karang. Sementara di bagian pantai barat Anda akan menikmati indahnya pantai berkarang dan terowongan alam dari baru karang. Disini Anda bisa menunggu sunset yang indah.

Sementara di bagian pantai utara Anda bisa menikmati pantai berpasir dengan ombak yang tinggi. Lokasi ini indah untuk berfoto. Di bagian timur, Anda bisa menjumpai karang yang terjal dan cocok untuk panjat memanjat.

Sementara itu, sisi misterius dan angkernya Pulau Condong adalah adanya kabar penampakan yang diperoleh sebagian pengunjung saat memotret. Konon di pulau ini pernah ada gadis yang bunuh diri. Kabar penyebabnya simpang siur. Ada yang mengatakan karena putus cinta, ada juga yang bilang karena diperkosa. Lebih-lebih di pulau ini terdapat dua kuburan tanpa nama. Sebagian penjelajah yang berani menguak keganjilan di pulau ini merasa agak aneh. Soalnya makam itu ada tulisan angka tahun 2010. Padahal kata orang-orang makam itu sudah lama sekali.

Seramnya Pulau Condong masih ditambah dengan adanya kawanan monyet liar. Mereka tidak lucu tapi liar. Sering mencuri makanan orang yang menginap.

Tips Berwisata ke Pulau Condong

Karena lokasinya yang kurang tersedia fasilitas nyaman, maka sebaiknya Anda membawa perlengkapan camping. Misalnya tenda, sleep bag/kantong tidur, obat anti nyamuk, P3K,  dan peralatan masak portable. Usahakan berkunjung ke pulau ini secara rombongan.

Jika menginap dan berkemah, maka perhatikan keamanan sekitar. Jangan sampai perbekalan Anda dicuri kawanan monyet liar.

Sebaiknya Anda membawa bahan makanan dan minuma yang cukup. Soalnya air di pulau ini payau alias agak asin. Persediaan air juga menipis jika mengandalkan dari sumur. Toilet yang tersedia kurang nyaman dan harus membayr Rp.3.000.

Nah, memang berkunjung ke Pulau Condong Sulah Lampung Selatan ini adalah perjuangan dan perjalanan camping sungguhan. Jadi anda yang suka tantangan dan pengalaman agak seram-seram silakan kunjungi pulau ini. Semoga ulasan diatas dapat menjadi referensi informasi yang bermanfaat, dan Selamat berwisata!.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments