Keindahan Pantai Karang Bebai Cukuh Balak Tanggamus Yang Eksotis

0
10

Keindahan Pantai Karang Bebai Cukuh Balak Tanggamus Yang Eksotis – Di dekat kawasan Pantai Teluk Kiluan ada sebuah pantai eksotik yang terkenal dengan karangnya yang menjulang dan menarik untuk foto-foto. Yaitu Pantai Pegadungan yang terkenal juga dengan julukan Pantai Karang Gigi Hiu. Namun ulasan kali ini bukan akan membahas eksotiknya Pantai Karang Gigi Hiu, tapi membahas Pantai Gigi Hiu yang lainnya yang baru saja tenar. Terkenal dengan julukan Pantai Karang Gigi Hiu Mini, sebuah wisata pantai di kawasan Tanggamus dan bernama Pantai Karang Bebai.

Jika Anda pernah ke Teluk Kiluan lalu ke Pantai Pegadungan/Karang Gigi Hiu, tentunya sudah tahu keindahan karang disana. Ternyata, tak perlu jauh-jauh ke daerah tersebut, Anda bisa menemukan suasana serupa di Pantai Karang Bebai Cukuh Balak Tanggamus ini, yang dijuluki Pantai Karang Gigi Hiu Mini.

Pantai ini letaknya berada di Pekon/Desa Tengor, Kec Cukuh Balak, Kab Tanggamus, Lampung. Kawasan ini memang mempunyai banyak pantai yang masih perawan, belum tersentuh pengelolaan oleh pihak pengembang. Lokasi ini kurang lebih 91 Km dari Bandar Lampung. Sedangkan dari Bakauheni lokasinya lumayan jauh karena berjarak 185 Km. Sedangkan dari Bandara Raden Intan jaraknya 102 Km.

Baik dari Bakauheni maupun dari Bandara, semua rute bertemu di Bandar Lampung. Dari Bakauheni Anda bisa memili jalur Jl. Lintas Timur Pantai Sumatera, namun jika memilih jalur ini agak sedikit memutar serta lebih jauh, dan juga jalannnya kurang bagus. Akan lebih cepat mengikuti Jalan Lintas Barat menuju Bandar Lampung. Dari Bandar Lampung menuju ke Gedong Tataan – Padang Cermin – dan menuju ke lokasi.

Rincian rute dari Bandar Lampung adalah: Jalan Raya Sukaratu/Jl. Raya Pardasuka – Jalan Rasuna Said – Jl . Sultan Ageng Tirtayasa – Jl. Pramuka – Jl Tarumanegara – Jl. Prawiranegara – Jl. Hos Cokroaminoto – Jl Raya Tj. Siom – Jl Ir Soeharto – Jl Ki Hajar Dewantara – Jl Merdeka – Jl Sunan Giri – Jl Gatot Subroto – Jl Raden Saleh – Jl Pramuka – Jl Kartini – Jl Dipenogoro – Jl Raya Putih – Jl Raya Banjar Manis. Sampai di Jl. Bandar Manis, maka lokasi pantai tinggal 7 Km lagi. Sebelum sampai Pantai Karang Bebay, Anda melalui Pantai Karang Cukuh Balak.

Sebenarnya, rute ke Pantai Karang bebay bisa dicapai melalui 4 alternatif jalan. Yaitu lewat Gedong Tataan, Pringsewu, Tanggamus, dan Padang Cermin. Hanya saja yang paling mudah adalah lewat Gedong Tataan.

Hanya saja untuk akses menuju Pantai Karang Bebay  memang belum didukung infrastruktur yang nyaman. Jalan ke Pantai ini masih berupa jalan onderlagh dan jalan tanah berbatu. Sebagian jelan beraspal juga mengelupas. Selain itu, untuk menuju ke Cukuh Balak belum ada angkutan umum sehingga Anda harus membawa kendaraan pribadi ataupun menyewa. Selain itu masalah keamanan juga menjadi salah satu kendala wisata di kawasan Lampung.

Keindahan Pantai Karang Bebai

Hamparan pasir yang putih dan bersih, serta karangnya yang menjulang melengkapi keindahannya yang alami dan masih perawan akan membuat anda terkesan. PAntai ini belum dikelola pihak pengelola yang resmi, dan tentunya tidak dikenakan tarif ataupun biaya tiket masuk ke Pantai Karang Bebai ini.

Suasana alam yang asri, pasir pantai yang putih bersih, dan batu-batu karang yang cantik dan menjulang menjadi suguhan indah bagi para pengunjung yang datang. Bagi anda yang hobi posting foto di sosmed, tempat ini adalah pilihan yang tepat untuk berburu foto. Jika Anda ingin berenang, maka saat yang tepat adalah ketika laut sedang surut. Kenapa? karena saat air laut sedang surut bagian ceruk-ceruk karang akan tercipta laguna alami yang dapat Anda pakai untuk berenang dengan aman.

Pantai ini juga sering menjadi destinasi warga Cukuh Balak untuk bersantai. Bersama keluarga, mereka menggelar tikar, menikmati angin yang sepoi-sepoi dan menyantap bekal makan siang. Saat surut Anda juga bisa main air di laguna yang terbentuk.

Demikianlah tadi informasi tentang Pantai Karang Bebai Cukuh Balak Tanggamus, Lampung. Sebagai saran, sebaiknya jika Anda berwisata ke tempat ini janganlah sendirian atau hanya berduaan. Bawalah rombongan komunitas Anda agar lebih seru dan aman. Selamat Berwisata …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments