Skip links

5 Ciri khas orang yang Open-Minded

Character illustration of people with creative ideas icons

Kenapa di dunia ini ada orang yang bisa mencapai kesuksesannya dengan mudah dan ada orang yang selalu gagal dan mengulangi kesalahannya lagi dan lagi ?

Terdapat perbedaan unik dari dua jenis orang ini, yang terutama ada pada sebuah mindset atau pola pikir.

Pola pikir menentukan sebuah keberhasilan dari suatu proses. orang yang mempunyai pola pikir atau pemikiran terbuka (open minded) cenderung lebih mudah belajar dan mampu mengakui kesalahannya. Sedangkan orang yang close minded lebih ke arah yang destruktif bagi diri mereka sendiri dan orang disekitarnya.

Berikut adalah beberapa ciri khas orang yang open minded :

Tidak mudah emosi saat terjadi perbedaan pendapat

Saat sedang mengemukakan pendapat, orang yang open minded akan cenderung lebih fokus pada argumen yang sifatnya membangun, selain itu meskipun terjadi perbedaan pendapat bahkan prinsip bukan berarti akan menjadi sebuah permusuhan. Orang yang open minded menganggap sebuah perbedaan adalah hal yang wajar dikehidupan sehari-hari, dengan adanya perbedaan pendapat itu mereka dapat melihat sesuatu dari perpektif yang berbeda.

You may also like:  Resort yang dibangun dipulau angker

Pelajari dan Observasi terlebih dahulu sebelum berkomentar

Orang-orang yang mempunyai sifat open minded akan selalu memilih untuk mempelajari situasi terlebih dahulu tentang segala sesuatu yang akan mereka tanggapi dari berbagai sudut pandang, baru kemudian memberikan komentar yang menurutnya paling tepat.

Tidak takut untuk menantang diri sendiri

Tidak suka dengan segala sesuatu yang monoton alias itu itu saja, harus selalu mencari hal-hal yang baru dan menantang, terutama hal-hal yang mampu meningkatkan kemampuan dan kapasitas diri sehingga menjadi pribadi yang lebih baik dari yang sudah dikuasainya.

Tidak memilih-milih teman

Mempunyai lingkup pertemanan yang luas tanpa memandang dari mana orang itu berasal. Tidak heran jika orang yang open minded selalu mempunyai banyak teman dan terlihat mudah membaur dibanyak lingkungan.

You may also like:  Hup Beta / By u Layanan Seluler Baru Dari Telkomsel

Tidak mudah menghakimi orang berdasarkan apa yang dilihat pertama kali

Orang yang open minded tidak akan dengan mudah men-judge orang berdasarkan hal yang baru ia lihat, tidak akan dengan mudahnya menilai seseorang berdasarkan dari cara orang tersebut berpakaian atau berkata-kata. Bagaimanapun juga seseorang itu layak untuk dihormati dan dihargai meskipun sejelek apapun orang lain mengatakannya.

Open minded adalah hal yang seringkali dianggap sebagai karakteristik orang yang bijaksana dan dewasa, apakah kamu salah satunya ?

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
This website uses cookies to improve your web experience.
Home
Account
Cart
Search
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Explore
Drag