Skip links

Tips mudah menghadapi bosan saat sedang belajar

Bosan saat sedang belajar adalah hal yang wajar dan sering dihadapi oleh sebagian besar orang, tapi jangan dijadikan ini sebagai sebuah penghalang untuk malas-malasan. Belajar itu tetap perlu, bagaimana caranya agar mudah menghadapi kebosanan pada saat sedang belajar ? Simak beberapa tips singkat berikut ini.

Jangan belajar Non-Stop

Berikan selingan ketika anda belajar, misalnya menggunakan rumur 50 10, yaitu rumus mudah dimana setiap 50 menit kamu belajar, maka 10 menit berikutnya kamu gunakan sebagai waktu untuk mengistirahatkan otak dan diri. Bersantailah sebentar, jangan terus-terusan menghafalkan sesuatu. Percuma belajar lama tapi tidak ada yang masuk ke otak.

Buatlah Target

Buatlah sebuah target tentang soal apa yang akan anda pelajari dan hingga seberapa jauh anda akan mempelajari materi tersebut pada hari itu.

You may also like:  Cara Isi Saldo Gopay & Dana dari OVO (Update 2021)

Berikan Reward / Punishment Pada Diri Sendiri

Dengan memberikan reward atau punishment, kita akan semakin merasa terpacu dan semangat dalam belajar. Contoh mudahnya adalah dengan memberikan hadiah untuk diri sendiri berupa Es Krim jika sudah berhasil mencapai target, atau memberikan hukuman untuk diri sendiri berupa Cuci Piring jika gagal mencapai target tersebut.

Belajar dari banyak media

Media untuk belajar ada banyak, jangan hanya belajar dari satu sumber saja, manfaatkan kecanggihan teknologi yang ada disekitarmu baik melalui HP, laptop atau komputer. Belajar bisa juga melalui video edukasi yang tersebar banyak di youtube. Bisa juga kamu membeli buku baru dengan materi yang lebih luas.

You may also like:  Cara merubah RGB menjadi CMYK pada Photoshop

Cari suasana baru

Jika sudah mulai merasa bosan dengan suasana sekitar, pindahlah ke tempat lain dimana tempat tersebut membuatmu merasa nyaman dan memberikan semangat tambahan untuk belajar. Tempat baru yang bisa bikin mata melek, tapi bukan tempat ajeb-ajeb ya!

Buat / Gabung komunitas belajar

Pasti bosan kan belajar sendirian, sebaiknya mulai gabung sama komunitas belajar atau bahkan kamu membuat sebuah komunitas belajar bersama dengan teman sekelas.

Jangan lupa berdoa

Ingatlah selalu untuk memulai segala sesuatu dengan berdoa agar segala aktivitas yang kamu lakukan mencapai tujuan

Demikianlah artikel singkat tentang tips mudah menghindari bosan saat belajar, jika ada yang perlu ditambahkan jangan lupa tulis di kolom komentar ya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
This website uses cookies to improve your web experience.
Home
Account
Cart
Search
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Explore
Drag