Tips memulai bisnis online untuk pemula

 In Blog, Business

 

Memulai berbisnis secara online sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan berbisnis secara offline, Kalau dibilang mudah juga tidak terlalu mudah karena menjadi pedagang apalagi yang pemula, haruslah benar-benar menguasai produk, banyak bersabar, dan selalu aktif berpromosi.

Sebenarnya sudah banyak sekali tips-tips bertebaran di internet, dan ini adalah versi kami, tips sederhana yang jika yakin akan dapat mendatangkan keuntungan dan membuka jalan menuju kesuksesan dalam berbisnis online.

Tips Pertama
Untuk memulai usaha pastikan kami benar-benar menguasai produk yang akan kamu jual, Tetapi bagaimana kalau tidak terlalu paham atau bahkan benar-benar buta sama sekali terhadap produk itu, padahal kamu tahu produk itu punya potensi laku keras? Tinggal kamu cari informasi sebanyak-banyaknya di mesin pencarian seperti Google, cari juga di forum dan lapak-lapak penjual lain tentang kekurangan dan kelebihan produk itu.

Tips Kedua
Jika produk itu tidak kamu produksi sendiri, Carilah produsen yang benar-benar bisa dipercaya dan kalau bisa dekat dengan lokasimu saat ini agar mempercepat proses pengiriman dan stok barang. Perhatikan kualitas barang dengan baik agar jualan kamu bisa lebih tenang alias minim komplain dari pembeli.

Tips Ketiga
Jual juga secara online, kenapa ? Untuk mendukung kepercayaan dari pembeli online yang lokasinya jauh dari kamu. Cantumkan juga alamatmu dengan jelas dan sertakan nomor telepon yang mudah dihubungi oleh calon pembeli.

Tips Keempat
Buatlah pembukuan atas pemasukan dan pengeluaran barang, serta pembukuan keuangan secara lengkap dan terperinci sehingga aliran uangmu dapat kamu ketahui kemana saja keluar dan masuknya. Putarlah uang dari Laba / Keuntungan untuk membeli produk / stok yang baru, dan pisahkan uang modal agar tidak tersentuh oleh kebutuhanmu sendiri.

Tips Kelima
Keuntungan dari berjualan online adalah Etalasemu buka 24 jam, Kamu juga harus selalu siap menjawab pertanyaan dari calon pembeli dengan baik dan jelas. Lebih dari 50% penjualan tidak closing karena calon pembeli dikecewakan oleh respon penjual yang tidak mengetahui produknya, yang merespon dengan singkat-singkat saja seperti “ya, tidak, ready, ok”

Sesibuk-sibuknya kamu, layanilah pelanggan dengan baik, Jawablah pertanyaan mereka secara lengkap dan jelaskan produkmu sejelas-jelasnya, karena tanpa mereka kamu tidak ada apa-apanya. Ingat itu !

Tips Keenam
Gunakan gambar yang menarik, karena jualan jaman now ini yang dilihat adalah gambar dan kemasannya. Desainlah gambar semenarik mungkin, cantumkan deskripsi produk atau harga promo. Gunakan foto yang jelas dari berbagai sisi dan tidak blur. Berikan nilai tambah dengan mencantumkan informasi garansi dan pilihan pengiriman.

Tips Ketujuh
Gunakan nama toko yang simpel dan mudah diingat serta sesuai dengan produk yang kamu jual. Kemudian sapalah pembeli dengan ramah setelah transaksi selesai dan barang sudah terkirim, tanyakan juga bagaimana barangnya, apakah cocok, kualitasnya bagus atau kurang. Pembeli akan merasa dihargai jika di follow up oleh penjual.

Tips Kedelapan
Jangan lupa berpromosi melalui berbagai media, misalnya posting di Facebook, di instagram dan jika kamu ada dana lebih bisa menggunakan Iklan Resmi di Instagram, Iklan di Facebook atau memasang iklan di Google Ads.

Jika bisa, buatlah juga review seputar produk yang kamu jual bisa dalam bentuk vlog atau video di youtube sehingga meningkatkan peluang produkmu muncul saat dicari oleh orang di mesin pencari seperti Google.

Tips Kesembilan
Jagalah reputasi dan kepercayaan dari konsumen, karena di jaman sekarang hal ini sangat sulit di dapatkan dikarenakan maraknya penipuan secara online. Untuk mengatasi hal itu kamu bisa membuka toko di situs-situs e-commerce yang menjamin keamanan transaksi seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak.

Spread the love
Recent Posts

Start typing and press Enter to search